Snorkling Di Sumber sira Kabupaten malang

Sumber Sira?Tentunya anda sudah tau tempat ini, atau mungkin masih banyak dari Anda semua yang belum mengetahui tentang Sumber Sirah, wisata apakah dan ada dimana?
Sumber Sirah merupakan sebuah destinasi baru bagi kalangan masyarakat khususnya Malang Selatan. Masyarakat sana pun juga masih banyak yang belum mengetahui atau bahkan mendengarnya.
Sumber Sirah adalah sebuah wisata pemandian atau wisata air tawar yang sangat jernih. Sumber Sirah ini terletak di Desa Putuk Rejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Disana kita bisa berenang dan melihat surga bawah air yang ditawarkan. Memang bukanlah terumbu karang layaknya di dasar laut, tapi di Sumber Sirah kita dapat melihat pemandangan dasar air tawar yang tak kalah eksotis, meskipun hanya berupa rerumputan, tapi Paling tidak bisa jadi destinasi wisata anda ditengah tengah kesibukan sehari hari.

Sebuah sumber air dengan pemandangan yang begitu sangat alami. Airnya yang sangat jernih dan di dasar sumber air ini ada tanaman tanaman kecil sejenis ganggang yang berwarna hijau dengan pasir hitam halus, batu-bebatuan kecil dan dihiasi ikan-ikan kecil.Sebelum sampai di sumber sirah ini kalian bisa tengok ke sekeliling terlihat hamparan kebun tebu dan kelapa milik warga sekitar.

Dikarenakan jernihnya air di Sumber sirah ini, ketika kita masih di permukaan tumbuhan-tumbuhan ganggang kecil dan ikan ikan kecil terlihat sangat jelas dari permukaan. Karena kejernihan airnya sehingga refleksi diatas air tidak terlihat.

Sungguh sebuah pemandangan yang tak ingin terlewatkan begitu saja.

‘’wah, jernih sekali airnya ingin rasanya segera menikmati dinginya air dan keelokan bawah airnya’’ gumam saya.

Dengan kedalaman hanya sekitar 80 cm -1,5 meter kita bisa puas bermain dan berenang di  Tempat ini.Tidak disarankan untuk lompat dari atas berbahaya karena terlalu dangkal.

minggu 6 september 2015 saya armand beserta 2 member Verza malang club mas aditya & mas teguh berkunjung ke salah 1 destinasi wisata baru dikabupaten malang ini.

selfie dulu sebelum nyeburr
selfie dulu sebelum nyeburr

kita juga harus lebih berhati-hati untuk berenang disini dikarenakan tanaman ganggang ini begitu sangat mudah patah dan terlepas dari dasar. Nah, karena dasarnya pun pasir jika kita terlalu banyak bergerak airnya pun akan menjadi keruh.

sangat disayangkan saya dan teman teman hanya bermodalkan HP standart + waterproff biasa untuk berfoto didalam air .. hasilnya hanya begini … 🙂 🙂

disisni saya merasakan hal yang sangat berbeda :)
disisni saya merasakan hal yang sangat berbeda 🙂

photo 2

mas aditya
mas aditya
mas teguh
mas teguh

jika ingin berkunjung  dari arah malang, kalian bisa mengambil arah bululawang setelah itu kalian bisa menuju arah pabrik gula krebet dengan mengambil arah lurus dan disana nanti kalian akan menemui pabrik pioneer. setelah pabrik pioneer kalian bisa menenggok sebelah kanan jalan, ada sebuah pertigaan pertama dan setelahnya lagi ada pertigaan ke dua nah disitu kalian bisa berbelok ke kanan Memasuki gerbang kecil,  ini.Setelah masuk gang kalian bisa mengikuti jalan lurus sampai nanti jalan tersebut menyempit dan hanya tanah-tanah, paving-paving dan hanya bisa digunakan dengan sepeda motor ataupun sepeda pancal.

Disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua untuk bisa langsung menuju lokasi, namun jika menggunakan mobil kalian bisa parkir di rumah warga ya, sekitar 200 meter sebelum lokasi sumber sirah ini.

Nah jika musim hujan jalanan disini sangat licin karena jalanan bercampur lumpur dan paving jalan yang sudah berlumut.

sirah 1

Disana ada fasilitas umum seperti toilet ataupun tempat ganti. Disana Juga ada orang yang berjualan minuman dan penyewaan ban. dikenakan biaya Rp.1000 pun untuk berenang di sumber sirah ini , namun jika menyewa ban kita akan ditarik dengan harga 2000 untuk anak-anak dan 3000 untuk orang dewasa.

sirah 2

Jam menunjukan Pukul 15:00 saya dan teman teman langsung bergegas meninggalkan lokasi karena memang sudah kedinginan dan  perut keroncongan :).

meninggalkan sumber sirah
meninggalkan sumber sirah

perjalanan kami terhenti disalah 1 warung makan tradisional yang  masih disekitaran kec. gondanglegi. bebek pedas & nasi empok menjadi menu utama disini, harganya pun cukup terjangkau hanya Rp.10.000/ porsi. sambil menikmati WIFI Saya dan teman teman hampir 1 jam disini.

ba0fec3ada8e460c91f34a4e725664ba

akhirnya saya dan teman teman kembali kerumah masing masing, dan sedikit ulasan dari sumber sirah adalah

Karena kecantikan tempat ini baru terdengar di kalangan para penikmat alam khususnya di kota / kabupaten malang, alangkah baiknya kita sebagai warga yang baik ikut menjaga kelestarian alamnya.

Terkadang kita tidak pernah sadar bahwa sesuatu yang sangat memukau itu berada di sekeliling kita.

STOP AWHILE TO SEE , EXPLORE AND TAKE CARE OF WHAT AROUND US.

🙂

Advertisements

7 thoughts on “Snorkling Di Sumber sira Kabupaten malang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s