RANUAGUNG, DANAU HENING NAN EKSOTIS

Danau Ranu Agung di Probolinggo, mungkin ada beberapa diantara kalian yang sudah tahu akan keindahan danau yang satu ini.

Atau bahkan sudah banyak yang mengetahui, mungkin bagi kalian yang suka traveling wajib mengunjungi danau ini.

danau-ranu-agung
DANAU RANUAGUNG
Ranu Agung adalah sebuah danau vulkanik  yang terbentuk dari Gunung Lemongan yang masih aktif. Lokasi Ranu Agung sendiri yaitu di desa Ranu Agung, kec. Tiris, Probolinggo. Sekitar 40 KM dari pusat kota, dengan ketinggian 525 mdpl.
Danau ini mempunyai pemandangan alam yang sangat indah, dengan adanya tebing yang tinggi pada salah satu sisinya. Rute Ranu Agung Probolinggo sangat menarik, dan memanjakan mata kita yang terasa lelah karena sekeliling kita merupakan perbukitan dan dipenuhi oleh pohon-pohon yang hijau.
Udara yang ada disini sangat segar dan dingin, begitupun dengan airnya masih sangat jernih. Selain itu disini kita juga dapat melihat Gunung Lemongan Probolinggo yang begitu indah dengan sangat dekat.
Nah kali ini admin akan share perjalanan singkat VMC berkunjung disalah satu destinasi menarik di probolinggo ini, diawali dengan  percakapan singkat via sosmed Februari 2016 2 member VMC bro Iman Sarkawi & bro Ebor serta 1 member VOCK bro Febri memutuskan untuk brangkat dari kota malang menuju probolinggo yang kebetulan di probolinggo VMC juga mempunyai 1 member prospek kami bro HOFFY ( dewa bumi ) yang sudah siap menyambut kedatangan keluarga dari malang. SPBU randuagung singosari pukul 08:30WIB tempat tikum yang sudah disepakati.
photo 1
perjalanan dimulai..  Dengan kecepatan standart kami melaju, honda Verza yang selalu jadi andalan kami touring selalu jadi teman yang istimewa. pukul 11:30WIB kami sudah sampai di rumah bro Hoffy , jamuan istimewa kami dapatkan disini, tak lupa juga kami menunaikan sholat serta istirahat yang cukup sebelum melanjutkan perjalanan ke ranuangung.
Pukul 12:30WIB kami melanjutkan perjalanan menuju Ranuagung, Suasana perjalanan terkadang memang sedikit mendebarkan, terlebih ketika kendaraan kami harus berpapasan dengan kendaraan lain. Lebar jalan yang tak seberapa, apalagi ada jurang di sisi kanan dan kiri jalan, serta beberapa ruas jalan yang terkikis terkena longsoran.
18359593
Di sepanjang perjalanan menuju Ranu Agung ini kami disuguhi dengan pemandangan pohon durian yang sedang berbuah. Sebagian besar masih mentah, ada pula yang sudah masak dan menyebarkan aroma yang khas. Saya cukup buta arah, hanya satu hal yang saya ingat, setelah truk melewati sebuah belokan, perjalanan dilanjutkan melewati jalanan yang memiliki lebar tak kurang dari satu buah kendaraan dengan kontur jalan yang menanjak. Perjalanan dilanjutkan dengan melewati hutan yang diselingi perkebunan kopi dan kompleks pemakaman hingga akhirnya kendaraan yang kami tumpangi berhenti di sebuah halaman sekolah dasar. Dari sekolah dasar kami tinggal menyusuri arah jalan  menuju lokasi.
Sesampai dilokasi kami parkir dan membayar tiket masuk wisata yag terbilang masih murah, yaitu Rp. 3000,- untuk satukali masuk.
photo 3
Begitu sampai di Lokasi Ranu Agung Probolinggo kata pertama yang saya ucapkan adalah Suhanallah, sungguh indah Ciptaan MU ini. Ranu Agung memiliki suasana yang masih sangat alami.
photo 4Lokasi ini memang belum sepenuhnya dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata. Di sekeliling Ranu Agung masih terdiri dari hutan dan ladang. Minimnya fasilitas penunjang pariwisata seperti warung makan, toilet, maupun mushola. Bila ingin bermain-main di ranu, Anda dapat memakai sampan yang terbuat dari bambu yang tersedia di pinggir danau.atau anda bisa kita bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu dari bambu atau biasanya kita menyebutnya getek Harga sewanya juga cukup murah Hanya Rp. 10.000,-. Kami bersyukur cuaca hari itu sangat cerah sekali, membuat kami bisa dengan sangat jelas melihat panorama indah yang tersuguhkan didepan mata kami.
photo 5
Anda pun dapat berenang di danau ini karena airnya yang cukup jernih dan tidak terlalu dingin menurut saya. Namun perlu berhati-hati, karena danau ini memiliki kedalaman yang beragam dan juga bebatuan di dasar danau yang bisa menggores kulit.
photo 1(6)
Puas berkeliling danau pukul 14:30WIB kami memutuskan untuk naik dan Kembali ke kota malang, blm lama kami mrninggalkan ranuagung hujan lebat menyertai perjalanan kami. kami putuskan untuk beristirahat kembali drumah bro Hoffy sambil menunggu hujan reda, tak lupa kopi hitam menyertai obrolan kecil kami.
photo 2
Pukul 18:00WIB hujan belum juga reda,Kami memutuskan untuk kembali kekota malang. dan akhirnya pukul 20:00WIB kamipun tiba dikota Malang.